I called it LOVE (Edisi Entomologi Umum) 1


Hai. Gue andi.OK, Sekarang gue mau nyeritain pertama kalinya gue masuk di departemen yang gue bilang ‘holometabola’ banget . Yaa, sempurna.
***
Pertama kali masuk di departemen ini, gue ngerasa asing dan begoooo banget. You know what?? Ya, karna waktu masa perkenalan fakultas aja gue di tanya sama anak yang 1 fakultas sama gue tentang serangga. “Oh, anak proteksi tanaman ya?? Waaah, nanti nangkep” serangga donk? Hayooo, nama latinnya ini apa?? *dia langsung nunjuk kucing* .
Toeeeennnnggg. Emang gue sebego itu apa? Ya gak lah. Apa hubungannya serangga sama kucing?? Sejak kapan coba kucing punya tungkai?? Laah, kucingkan mamalia. Salah nanya nih orang agaknya *apa ngetes gue sebagai anak proteksi ya?*

Ada lagi yang bilang gini :

“hha, anak proteksi ya? Proteksiii.... proteksiii * tuh orang sambil menerawang jauh gak jelas* . “ wah, berarti nanti tugasnya nongkrongin tanaman 24 jam doang dong, supaya gak di ganggu hama dan penyakit”
Toeeeeeenggg. Mas, mas, hansip yang ngejagain kampus kita juga gak ada yang 24 jam full deh kalo lagi jaga. Dan tugas gue juga gak gitu-gitu ameet. Demi apa dong, gue disuruh ngejagain tanaman tu 24 jam. Macam mahal aja harganya. -.-“ . Sabarrrrr, anggep aja perkenalan lo dengan kedua orang yang gak jelas itu adalah mimpi buruk. Ya, jelas donk gue masih inget sama muka orang yang nanya pertanyaan itu ke gue. Ya... mirip-mirip dengan mantodea kalo gak blatodea deh. Haha~

OK. Abis MPF gue ada rangkaian MPD(Massa Perkenalan Departemen) bareng temen” 47 lainnya. Dengan seragam yang kompak dan sedikit ngeribetin banget. Kemeja putih, celana bahan item, trus bagi yang cewek pake rok bahan item yang didalemnya harus pake training item. Alamaaaakkk jjjanng, itu sumpek abiisss tau gak sih.  Tapiii, seruuu. Gue ketemu dengan temen-temen yang lucu macem eruciform, keren macem kumbang badak, bawel macem blattodea, reseh banget macem capung, cantik macem lepidoptera, dan sensi abiss macem mbah Valanga nigricornis.
Dan pertemuan gue dengan mata kuliah entomologi umum pun dimulai. Ketemu dengan dosen cantik dan penuh ekspresif. Mr.N*n* . Dan dari pertemuan itu gue mulai kenal sama yang namanya serangga. Ya serangga yang bisa dimakan lah, ya serangga yang bisa di komersialin lah, dan serangga sebagai musuh alami (enthomophagus insect). Dan tak ayal, disini gue juga ketemu sama temen yang enthomophagus insect(TMT)  . Haha~

Hari-hari gue pun berlanjut. Gue berdoa setiap hari semoga hari-hari gue selalu menyenangkan. Dan asal kalian tau, semenjak di departemen gue gak pernah kenal dengan yang namanya MALEM MINGGU. Oh my.... you know what???? Yaaa, karna gue harus ngumpulin serangga sebagai tugas akhir dari mata kuliah ini. 4 SKS mameeeennnn,,, sabar..sabar..pasti bisa. Dan setiap hari minggu, pagi-pagi gue udah bawa-bawa jaring dan kotak serangga gue gitu. Sampe diliatin sama orang-orang yang lagi lari-lari pagi. Maluuuuu, tapi demi tugas gue. Apa boleh buaaat, ikhlas kok gue.




Mungkin orang yang lagi lari pagi tu heran terheran heran ngeliat gue bawa” jaring serangga dan kotak serangga gue. Malah waktu itu yang yang negur gue gini nih, ‘habis mancing di kali mana neng???? Dubraaaaakkkkk!!! Sabar.. sabar...
Dan pencarian gue pun dimulai. Gue dapet banyak Lepidoptera,Zygoptera, dan belalang ranting. 
Gue taro deh tuh tangkapan serangga gue di kertas segitiga dan toples gitu. 
Dan begonya gue, selama 1 mingguan tu serangga kagak gue rentang”in. 
Dan alhasil, serangga gue pun habis dikerumunin semut. 
Abdomen lepidoptera gue tinggal kerangkanya doang dan belalang ranting gue abis tak bersisa. Sempet ngumpat dalam hati sih, ‘siaaaallllll nih semuuuuuuut, bangke , busuk! 
Huuh, itu  Karna pengetahuan gue tentang serangga waktu itu masih sempiiit banget. Harusnya nih ya, gue ngerentangin tu serangga secepatnya. Dan 1 lagi, gue harus punya kamper dan kapur anti semuut.

I called it LOVE (Edisi Entomologi Umum)  1 
To be continue....

Komentar

Postingan Populer